Laman

Jumat, 02 Juli 2010

Pelatih Belanda Khianati 'Total Football'

Bukan rahasia jika gaya total football berasal dari Belanda. Namun pelatih Belanda Bert van Marwijk yang kini justru meragukan keampuhan model sepakbola yang ditemukan sosok Rinus Michel ini.

Ya, Marwijk menilai gaya sepakbola yang ditenarkan Joan Cruyff ini sudah usang. Padahal Belanda berhasil dua kali mencapai final Piala Dunia (1974 & 1978) setelah mengusung gaya total football.

Namun Marwijk justru menilai gaya sepakbola tanah leluhurnya itu telah usang. Bahkan Marwijk cukup yakin jika ia tetap menerapkan sepakbola yang mulai membumi sejak era 1970an ini, peluang Belanda tampil sebagai juara di Piala Dunia 2010 akan tipis.

"Itu masa lalu," ujar Marwijk saat disinggung mengenai keampuhan gaya sepakbola total football seperti dilansir yahoosport.

Sebelumnya, banyak kalangan di Belanda yang mengkritik gaya bermain Belanda yang jauh dari gaya 'leluhur'. Permainan fleksibel dengan berganti posisi ala total football tak terlihat selama Belanda tampil di Afrika Selatan.

Namun Marwijk seperti tetap yakin sepakbola ortodok yang dibawanya ke Piala Dunia kali ini akan menuai hasil yang lebih baik. Keyakinan Marwijk ini masih terbukti setelah Belanda selalu meraih kemenangan hingga di babak 16 besar.

Kini keyakinan Marwijk akan diuji saat Belanda bersua tim kuat Brasil, Jumat 2 Juli 2010, di babak perempat final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar